Jumat, 24 Juni 2011

Apalah Arti Sebuah Nama


Hmmm,, tadi siang aku main sama anak kecil di sebelah kamarku, kamar kozt ku tepatnya. Nama anak kecil itu bagus sekali, namanya Zahra. Menurut Mamanya bahwa arti nama itu adalah Wanita yang cantik dan berkepribadian baik. Terlibtas di benakku ingin mengetahui arti dari namaku. Seketika itu aku search di Om Google. Dan ketemu,

Dinda = Adik perempuan
Septia = Gadis yang lahir pada Bulan September
Damara = Gadis yang cantik
Putri = Anak Perempuan



Wah, aku surprise banget mengetahui arti namaku. Dari awal, aku memang sudah amat jatuh cinta kepada namaku sendiri. Nama depanku yaitu Dinda sering dijadikan sebuah nama yang tertulis di bait-bait puisi, syair lagu maupun literature dalam bahasa indonesia. Dari kecil, pas mendengarkan lagu Kla Project - Dinda Dimana? aku suka senyum-senyum sendiri. Aku sangat bangga jika namaku dipakai untuk lirik lagu. Rasanya indah sekali.Terlebih belakang dari tahun 2005 mulai bertebaran lagu yang memakai lirik "Dinda". Wah, seneng banget deh rasanya kalo ada lagu yang memakai namaku dalam liriknya. Terlebih arti dari kata Dinda dalam lagu itu adalah Wanita yang di puja-pujakan oleh penyanyi. Wuuuuuh, rasanya langsung luber gitu dah. Ahahaha.

Namun, sebenernya arti nama itu menjadi rancu saat Mama melahirkan adik perempuan setelah 12 tahun aku menjadi anak tunggal. Yah secara khan arti nama Dinda adalah adik perempuan, tapi aku kuq malah punya adik. Well, nama Dinda tetap mempunyai kesan yang mendalam bagi aku. Banyak hal yang membuat aku merasa diistimewakan dengan nama itu. Aseeeeek,, Hhehhehhe.



Septia adalah nama yang diambil dari nama Bulan aku lahir, yakni Bulan September. Ya, sebenernya banyak orang tua yang menamai anaknya dengan singkatan dari nama Bulan dimana ia lahir. Hal itu mungkin sebagai petunjuk aja kali ya bahwa anak itu lahir pada Bulan tersebut. Karena aku beberapa kali mengalami kejadian dimana temenku bisa menebak dengan tepat bahwa aku adalah kelahiran Bulan September. Pastinya itu diketahui dari nama "Septia"ku yang menonjol banget. Well, that's nice and I like that.



Damara adalah nama tengahku yang artinya gadis yang cantik. Lagi-lagi nama ini membuat aku merasa dimanjakan dengan namaku sendiri. Bagaimana tidak artinya itu lho, gak nahan deh. Ahahahaha. Ya, karena tau arti dara itu adalah gadis yang cantik, hal itu membuat aku ingin menunjukan bahwa Aku, Damara bukan hanya cantik dari segi beauty-nya tapi juga cantik dari Innerbeauty-nya. Amiiiin,, Hhehhehhe.



Dan Putri menegaskan bahwa aku adalah seorang anak perempuan. Dan aku bangga dengan penegasan itu. Aku bangga menjadi seorang perempuan. :)

Dari explain arti namaku, aku menyadari bahwa orang tuaku telah menganugerahkanku nama yang sangat indah. Begitu dalamnya makna dari nama itu bagiku. Benar kata pepatah, bahwa nama kita adalah doa orang tua kita. Gak heran arti dari sebuah nama seseorang pasti mengandung arti yang indah. Tapi herannya masih aja banyak yang gak PD dengan nama asli pemberian orang tuanya. Banyak banget yang pake nama samaran baik di YM, Facebook, Twitt,, Frienster,, Migg33,, dll. Apa malu ya sama namanya sendiri. Well, walaupun mungkin nama itu gak terlalu kamu sukai, tapi setidaknya hargai la itu khan pemberian dari orang tua kita. Dan aku yakin ketika mereka, yang kurang PD dengan nama mereka mengetahui arti di balik nama mereka PASTI mereka akan sadar bahwa nama meraka sangat bermakna. Karena seberapa gak sukanya kita dengan nama kita, nama itu adalah titipan doa orang tua kita yang akan tetap melekat dalam diri kita.

So, love your name as you love yor parents. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar